Sabtu, 26 November 2016

Cara Setting CCTV Ke HP Dengan Mudah

Untuk bisa melihat kamera CCTV lewat ponsel , Anda perlu membutuhkan perangkat seperti DVR, kamera CCTV Analog, Switch Hub, koneksi internet apa saja untuk ponsel dan koneksi internet DVR ataupun IP Public, contoh nya Firstmedia atau Speedy. Kamera analog sendiri dihubungkan menuju DVR menggunakan kabel UTP atau coaxial dengan kelengkapan nya, kemudianDVR dihubungkan menuju switch hub memakai kabel UTP, access point dan modem+router yang dihubungkan menuju switch hub. Juga dapat memakai router atau modem yang sudah dilengkapi switch hub dan wifi Access point, dengan begitu DVR pun bisa dihubungkan secara langsung.

Selanjutnya Anda cukup melakukan settingan DVR, lalu setting port forwarding di modem Speedy dan menyiapkan nama domain, adapun urutan pemasangan CCTV Online sendiri adalah mendaftar nama domain terlebih dulu, seperti no-ip.com, dyn.com dan sebagainya kemudian setting port di modem Speedy dan seting DVR.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan Nama Domain
Domain name ini berfungsi untuk bisa mengakses tampilan CCTV di layar monitor laptop atau PC memakai Web browser Mozilla, atau Web Browser Internet Explorer.
Anda dapat memilih nama domain sesuai yang anda inginkan, untuk pemilihan dari DDNS service sendiri didapatkan secara gratis ataupun berbayar.
Adapun domain name tadi akan diisi dalam pengaturan modem.
Adapun pengisian dari data berikut tadi bisa dilakukan dalam settingan DVR.
2. Pengaturan Port Forwarding Dalam Modem Speedy
Langkah untuk mengatur port forwarding dalam Indihome atau modem Speedy sendiri banyak banyak di bahas. Tapi port yang paling penting ditentukan seperti Local IP Address 192.168.1.100 dan Port 80 nantinya dimanfaatkan mengisi settingan Networks dalam DVR serta pengaturan di aplikasi mobile viewet di HP.
3. Setting DVR
Untuk settingan DVR sendiri dapat menyesuaikan cara - cara yang sudah dibuat seperti langkah di atas dan yang terpenting Anda harus mengisikan data nya. Adapun misalnya Local IP Address di isikan “192.168.1.100” untuk port di isikan “80”, untuk settingan Networks DDNS sama juga seperti langkah awal pengisian username, hostname, password dan sebagainya. Kemudian terakhir yaitu mengisi data dari DNS Server, di mana data dapat dilihat melalui login di modem pada WAN.

Jika sudah selesai Anda bisa mencoba memeriksa koneksi pada DVR dan PC/Laptop menggunakan kabel LAN laptop atau PC yang dihubungkan melalui Hub. Agar mengetahui CCTV bisa dilihat atau tidak melalui internet Anda bisa mengecek koneksi lokal seperti di atas, namun memakai IP Address yang Anda pakai.
Anda dpat mengetahui alamat IP Address sendiri dengan mengetikkan “http://www.whatismyip.com/ dengan begitu IP Address pun akan muncul. Contohnya :

IP Address Anda adalah : 234.234.24.24 maka :

1. Ketik IP Address tersebut diatas pada web browser di Mozilla, jika muncul “Network video client” maka koneksipun berhasil kemudian login dan tampil menuju gambar kamera CCTV.
2. Untuk Anda yang memakai windows 7 bisa klik start lalu ketik CMP dan akan muncul layar berwarna hitam kemudian ketik: ping 234.234.24.24 dan enter. bila sukses tandanya koneksi pun lancar.
3. Jika memakai windows 7 Anda dapat klik start lalu ketik CMD dan muncul layar berwarna hitam lalu ketik: ping (nama domain Anda) lalu enter. Jika sukses dengan begitu koneksi serta DDNS pun berfungsi.
Nah, jika setting kamera CCTV secara online dapat diakses lewat internet dengan begitu Anda juga dapat melihatnya melalui handphone atau ponsel. Demikianlah cara setting CCTV ke hp dengan mudah!